Postingan

Menampilkan postingan dari 2013

Jika Aku Jatuh Cinta

Ya Allah, jika aku jatuh cinta,
cintakanlah aku pada seseorang yang melabuhkan cintanya pada-Mu,
agar bertambah kekuatan ku untuk mencintai-Mu.

Ya Muhaimin, jika aku jatuh cinta,
jagalah cintaku padanya agar tidak melebihi cintaku pada-Mu

Ya Allah, jika aku jatuh hati,
izinkanlah aku menyentuh hati seseorang yang hatinya tertaut pada-Mu,
agar tidak terjatuh aku dalam jurang cinta semu.

Ya Rabbana, jika aku jatuh hati,
jagalah hatiku padanya agar tidak berpaling pada hati-Mu.

Ya Rabbul Izzati, jika aku rindu,
rindukanlah aku pada seseorang yang merindui syahid di jalan-Mu.

Menyoal Do’a Berbuka Puasa Yang Berasal Dari Hadist Dhaif Yakni Hadist Mursal

Gambar
Oleh : Adi Victoria
Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat kiriman BC (broadcast) seputar hadist do’a berbuka puasa yang disebutkan sebagai hadist dhaif karena mursal. Sehingga tidak layak untuk diamalkan.
Dan pada kesempatkan itu pula saya langsung balas untuk menanggapinya, berikut saya jadikan sebagai sebuah catatan semoga bisa menjawab kegundahan kita perihal berdo’a dengan hadist tersebut. Catatan ini sudah saya sempurnakan dari balasan yang saya kirim ulang ke pengirim awal.
Bismillah.
Di broadcast tersebut tertulis :
“Allahuma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika aftartu birahmatika ya arhama rohimin.” Artinya : Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki-Mu aku berbuka, Maha besar Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang.
Hadist diatas diriwayatkan oleh Abu daud dalam sunannya no. 2358, dari Mu’adz bin Zuhroh. Muadz adalah seorang tabi’in. sehingga hadist ini MURSAL (di atas tabi’in terputus). HADIST MURSAL merupakan hadist dhaif karenan sebab sanadnya…

Another Tweet About Beginning of Ramadhan

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri (pemimpin) di antara kamu. kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya).” (QS. An-Nisaa': 59)

ULIL AMRI. PEMIMPIN.
ULIL AMRI. PEMIMPIN.
ULIL AMRI. PEMIMPIN.
ULIL AMRI. PEMIMPIN.
ULIL AMRI. PEMIMPIN.

Pemimpin mana yang dimaksud? Ya tentu saja pemimpin negara Islam, yang tak mendustakan hukum Allah, menjalankan kepemimpinannya dengan bersandarkan pada Al-Qur'an & As-Sunnah.

Kalau pemimpin yang mendustakan hukum Allah? Yang menjalankan sistem kufur? Pantaskah kita taati? How disgusting.

Kalau kata Ust. Fatih Mujahid :

Lucu pemerintah Indonesia, kalau soal gini mau disebutnya Ulil Amri | disuruh nerapin syariah dan khilafah ogah | uhhh, nyadar apee ‎#kagak ada pantesnya di sebut Ulil Amri orang-orang dustakan ayat-ayat Allah | ‎#sadarkah

Saya hanya patuh pada Ulil Amri yang patuh dan taat pada Allah | bukan yg …

WASPADA TERHADAP HADITS-HADITS YG LEMAH (DHA'IF) SEPUTAR RAMADHAN

Waspada Terhadap Hadits-Hadits Dha’if (Lemah) Seputar Ramadhan
Pendahuluan Segala puji hanya bagi Allah Ta`ala yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai musim berlomba-lomba dalam kebaikan dan amal shalih serta musim dilipatgandakannya pahala kebaikan. Kami bersaksi bahwa tiada sesembahan yang hak melainkan Allah Ta`ala dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Semoga shalawat dan salam dilimpahkan kepada beliau, keluarga dan segenap sahabatnya. Mengingat pentingnya menyambut bulan Ramadhan dengan perbekalan ilmu yang cukup, terutama yang berkaitan dengan hukum, keutamaan, kekhususan, adab, manfa`at seputar masalah Ramadhan, maka sengaja dalam rubik ini kami angkat secara khusus tentang “Hadits-Hadits Dha’if (Lemah) Seputar Ramadhan” yang telah tersebar dan menjadi rujukan mayoritas kaum Muslimin, sehingga terkesan hadits-hadits tersebut bersumber dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam langsung. Tentu hal ini perlu mendapat perhatian……semangat dan…

IPA, IPS, Bahasa, ITB, UI, UGM. Makan Tuh Gengsi! (Tips Memilih Jurusan dan Fakultas Studi / Sekolah / Kuliah / Universitas)

Gambar
Oleh : Wahidyan Kresna Fridayoka

X: Lo mau ngambil jurusan apa? IPA ato IPS?
Y: IPA lah! Hare genee masuk IPS? Mau taroh di mana muka gue?
X: Ah elo mah enak pinter, gua keknya ngambil IPS nih, gak masuk nile gue. Kalo lo Z? Lo mau ngambil jurusan apa?
Z: Gue sih pengennya ngambil jurusan bahasa, gua enjoy banget baca yang namanya karya sastra. Tapi gua takut gak dapet kerjaan sih sebenernya. Mau jadi apa gua ngambil jurusan bahasa.Hampir dua tahun kemudian. X: Lo jadinya kuliah mau ngambil di mana?
Y: Gua pengen masuk ke Teknik Kimia ITB ah. Keren keknya, lagian kuliah di ITB khan prestis gitu. Kalo lo mau masuk mana?
X: Gua mau masuk Akuntansi UI aja ah, prospek karirnya bagus katanya, bisa cepet jadi orang tajir gue. hehe.
Y: ho.. beda kota donk yah kita berarti? Kalo lo Z? Lo mau masuk ke mana?
Z: Gak tau deh, gua masih bingung. Gak tau gua mau masuk mana.

Mari Mengetahui dan Mengenal Passion Kita

Gambar
Oleh: Wahidyan Kresna Fridayoka

PRELUDE… Halo-halo.. Jumpa lagi bersama saya di
acara ciiiii luukkk baaaaa.. mmmuuuuaaaahhhh…blog ini… Jadi.. Ceritanya saya agak terkaget-kaget karena tulisan saya yang ada di sini lumayan banyak yang baca. Karena jujur yah, waktu itu gak ada kepikiran orang lain bakalan baca, soalnya siapa sih yang bakal mampir ke sebuah blog yang ada di pelosok internet. Tapi ternyata lumayan banyak yah.. hehe.. Sehubungan dengan itu, saya ucapkan banyak terima kasih untuk kunjungan dan pujiannya, senang rasanya saya bisa sedikit membantu.. Eniho.. Ada satu pertanyaan menggelitik yang sering banget ditanyakan di tulisan saya tersebut: Saya tidak tahu apa passion/minat saya. Bagaimana yah caranya buat nemuin passion saya? Sebenernya dengan adanya pertanyaan ini, ada satu kesimpulan miris yang bisa saya ambil dari sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Maaf kalau terdengar tidak enak, tapi: Sistem pendidikan di Indonesia boleh jadi mengajarkan banyak pelaja…

CERDAS TAPI DUNGU--Melihat Fenomena Kekeringan Spritual Masyarakat Jepang

Beberapa waktu lalu di tahun 2005. Ustadz Muhammad Ismail Yusanto diundang untuk berdakwah ke negeri Jepang, khususnya di kota Tsukuba, Tokyo dan Ciba oleh komunitas muslim Indonesia disana. Negeri yang dikenal sebagai kampiun teknologi di dunia ini ternyata menyimpan sejumlah "kedunguan spritual". Simak pemaparannya sebagai berikut ini. 
Luar biasa! Kata pendek itulah yang mungkin paling tepat untuk menggambarkan kemajuan teknologi Jepang.  Pada saat ini di sana, baru saja diumumkan kepada publik temuan mutakhir berupa robot resepsionis.  Ini generasi robot terbaru yang bisa bertindak bagai resepsionis beneran.  Ia bisa menjawab telepon, menyalurkannya ke nomor ekstensi yang dituju, menanyaka keperluan tamu bahkan bisa juga tunduk menghormat bila ada tamu datang persis seperti yag dilakuka oleh orang-orang Jepang.  Pendek kata, hampir tak ada bedanya antara resepsionis manusia dengan robot itu baik dari segi kemampuan maupun postur tubuhnya. Tidak jelas, apaka…

Memilih Jalan Pulang

Gambar
Oleh : Kak Dian Auliya

Jelang magrib di ujung sebuah gang. Tiba-tiba seseorang terdengar melompat dan mengejar saya dari belakang.

“Kak!” Panggilnya. Saya berbalik. Kaget setengah hidup. Oh! Rupanya perempuan yang tadi saya lihat di trotoar sebelum belok masuk ke gang ini! Asli, saya tak kenal. Atau mungkin saya pernah melihatnya? Entahlah.

“Iya….kenapa?”
“Bisa samaan jalan?”
“Oh…iya..silakan. Mari…”

Lalu, kami berjalan bersisian.

“Kenapa, ada apa?” tanya saya sambil terus melangkah. Insting saya menduga, pasti ada sesuatu.
“Di sini pernah ada kejadian. Rawan!” katanya menunjuk jalan yang tengah kami jejaki.

Hari Ini, 29 Mei

Gambar
Oleh : Ikhwah Gaul Hari ini, sekitar 500 tahun yang lalu. Seorang anak muda berusia 23 tahun memimpin lebih dari 250,000 tentara untuk menaklukkan benteng terkuat di dunia milik kekaisaran adidaya Romawi.

Dengan strategi perang yang aneh dan tidak masuk akal, menarik puluhan kapal perang melalui hutan di atas bukit hanya dalam waktu satu malam!

Selamat DUA TAHUN!

Gambar
Hai, selamat pagi, wahai dikau! <:D
Kau tahu? Aku sengaja tidak tidur malam ini
Hanya untuk merasakan pergantian hari
Ya, hari ini lain dengan hari lainnya
Hari ini, tepat dua tahun kau bersamaku

Jika diibaratkan manusia, kita seperti batita
Yang baru tuntas belajar jalan
Dan mulai penasaran untuk berlari
Setelah puluhan jatuh bangun yang ia rasakan
Sama seperti kita...

Kau datang pada waktu itu di saat aku belum tahu apa-apa
Kupermainkan kau sesuka hati
Kupaksa kau menemaniku hingga kau lelah
Bahkan tak jarang kupaksa untuk terus terjaga disaat kau benar-benar tak berdaya

Fatin, Antara Prestasi dan Konspirasi

Gambar
“Woy! Lebay lo!! Fatin menang X-Factor aja dibilang konspirasi! Dasar fanatik!!!”

Hayo, sekarang ngaku, siapa yang komen persis seperti tulisan di atas? Hakhakhak. Banyak ternyata. Sudah kuduga.

Well, awalnya kupikir Fatin bakal memperoleh banyak simpati dari masyarakat Indonesia. Daya tariknya mulai dari wajahnya yang polos nan cantik, suara emas yang unik, dan kerudungnya—itupun kalau aku harus menyebutnya kerudung. Tapi ternyata………... Fatin juga mampu mengguncang dunia musik mancanegara! Wow! (sambil koprol). Terbukti dengan dipasangnya video Fatin sewaktu audisi X-Factor di website resmi Bruno Mars. Keren? Ngg……

Oke, disini aku nggak mau mengkritik Fatin dalam hal kebolehannya dalam bermusik. Kalo itu sih, dia memang hebat. Tapi…..ada satu hal yang kukhawatirkan sejak kemunculan Fatin di televisi, dan ini menyangkut urusan umat. Apa? Berlebihan? Hehe… oke… bukan salah kalian kalau menilai seperti itu. Hmm, baiklah, izinkan aku untuk menjabarkan permasalahan ini dari sudut pandangku s…

Wanita Lemah?

Gambar
Wanita itu lemah? siapa yang bilang?
tahukah kamu…

Orang pertama yang beriman atas kerasulan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah wanita, yaitu  khadijah RA.

darah pertama yang tumpah (syahid) fii sabilillah adalah darah wanita, yaitu Sumayyah binti Khayyath


Salah satu ilmuan terhebat dalam Islam adalah wanita, Aisyah RA


Orang yangmembuatpengorbananterbesardalam satu hariuntuk Islamadalah seorang wanita- Khansaa (RA)

Salah satupejuangterbesar dalamsejarah Islamadalah seorang wanita-khawla bintI al-aswar (RA)

Jadi, jangan pernah membiarkan seseorang pria mengatakan kepada kamu bahwa wanita itu lemah,terbatas atautertindasdalam Islam! “♥



gadisberjilbab.tumblr.com

Tentang Tiga Kisah...

Gambar
Semalam habis ngutak-ngatik handphone (please jangan bayangin aku ngutak-ngatiknya pake obeng), bukaaan, bukan itu maksudku. Ngutak-ngatik folder archived messages, dan menemukan -ternyata- banyak SMS-SMS berharga yang telah kulupakan. Salah satunya, tentang tiga kisah ini.
Ada tiga kisah.


Kisah pertama... Suatu hari, semua penduduk desa berdoa memohon turunnya hujan. Pada hari dimana semua orang berkumpul untuk berdoa, hanya satu orang yang membawa payung. Itulah keyakinan.

No Matter How...

Gambar
No matter how hard you try to be good. If you are in wrong place, you'd never be perfectly good.
Setidaknya menurutku seperti itu. Coba kalian pikir. Sekeras apapun kalian mencoba untuk menjadi baik, tapi kalau keadaan yang memaksa, yah tentu saja kebaikan itu takkan menjadi sempurna. 
X : Tapi kan tergantung orangnya, gimana dia menjaga diri untuk tetap baik... 
Ihh, ini si X siapa sih. Omong kosong! Aku sudah memperhatikan banyak sekali orang baik, sekalinya terjun ke lingkungan yang kontras dengan dirinya, beuhhh... Kira-kira apa yang terjadi? Masihkah ia mampu menjaga diri? Tidak! Ia pasti akan terpengaruh, terwarnai.
Masih jelas di benak kita soal kasus penggelapan dana daging import yang dilakukan Bapak Lutfi Hasan Ishak. Nah, dia itu kan mantan presidennya partai PKS. Meninjau dari hal tersebut, siapa coba yang berani mengatakan kalau beliau bukan orang baik? Sedikit.

Sistem Pendidikan Keren --> Pelajar Berprestasi!

Gambar
Haiii! Mumpung sekarang bulan Mei yang notabene dikenal dengan bulan pendidikan, kita akan membahas tentang hal yang satu ini. Woyy, jangan kabur woy! Stay close! :D Biarpun kita remaja gaul nan kece, tetap saja kita harus melek tentang permasalahan umat. Yup, pendidikan salah satunya. Yuk bahas yuk…
Semua sepakat, kemajuan sebuah negara itu bisa dinilai dari pendidikan di dalamnya. Pendidikan akan menjadi sangat penting jika kita membahas kualitas manusia di dalam suatu negara. Iya kaaan? Iya doong. Contohnya aja nih, ketika kita mendengar tentang negara maju, yang terlintas di benak kita adalah negara-negara yang kualitas pendidikannya oke punya. Jepang, misalnya. Budaya belajar sangat ketat dijalankan disana. Dengan kata lain, kemajuan sebuah negara tergantung pada baiknya kualitas pendidikan, sebaliknya jika kualitas pendidikan negara itu buruk, maka semakin buruklah citra negara itu.

Write It OUT!

Gambar
"Tingkat paling awal untuk menjadi penulis adalah dimulai dari pengalaman-pengalaman pribadi." - La Ode Munafar
"Saya pengen jadi penulis. Tapi saya malas nulis, gimana dong?"
"Ya sudah, kamu jadi pemalas saja!"


Tuh kan. Untuk memulai postingan ini saja aku harus berpikir sampai pusing ratusan keliling. Susah banget sih! (ngomong sama otak sendiri). Entahlah, belakangan ini-kayaknya udah lama deh, nggak bisa dibilang belakangan ini lagi-, aku sangat merindukan blog ku yang selalu update. Jika kalian mengikuti blog ini sejak awal kemunculannya, kalian akan menemukan fakta bahwa.....dulu aku menulis hingga puluhan postingan setiap bulan! 
Hatiku selalu rinduuuu (oke, ini alay), jariku rasanya selalu gatal ingin mengetik. Mataku selalu jelalatan, membulat sempurna ketika melihat blog orang-orang, ataupun notes facebooknya, selalu update. Di otakku bertumpuk ratusan kata, meronta ingin segera dirangkai menjadi sebuah tulisan. Apa tadi? Dirangkai? Ah ya, itu masal…

Jika Harus Gila, Aku Ingin Gila Tindakan

Gambar
"Jika aku harus 'gila', aku hanya ingin 'gila' dengan tindakan..."
Ehmm. Hai, siapa yang melemparku ke blog ini? Kupikir blog ini sudah hilang ditelan bumi. Ternyata ia masih berpijak disini. Jika ia benda yang dapat diraba, bisa kupastikan ia sangat berdebu. Hehe ^^v
Tidak, aku tidak lagi akan mencari-cari alasan mengapa aku menghilang belakangan ini. Yeah, mungkin otakku sedang buntu. Tapi, jujur, aku kangen nulis! Membayangkan blogku penuh tulisan-tulisan yang update, itu sungguh menyenangkan.
Walhasil, disinilah aku kini. Tadinya aku mondar-mandir dari blog yang satu ke yang lainnya, blogwalking. Dan akhirnya aku terhenti di blognya Kak Hikari Inqilabi. Dan aku terpikir untuk mulai nulis lagi.

11 Nasehat Syaikh Taqiyuddin An-Nabhani Kepada Pengemban Dakwah

Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani adalah seorang âlim allâmah (berilmu dan sangat luas keilmuannya). seorang mujtahid mutlak abad ini. Beliau adalah pendiri Hizbut Tahrir. Nama lengkapnya adalah Syaikh Taqiyuddin bin Ibrahim bin Mushthafa bin Ismail bin Yusuf an-Nabhani. Nasab beliau bernisbat kepada kabilah Bani Nabhan, salah satu kabilah Arab Baduwi di Palestina yang mendiami kampung Ijzim, distrik Shafad, termasuk wilayah kota Hayfa di Utara Palestina.

Beliau memberikan 11 nasehat Kepada Pengemban Dakwah agar selalu istiqomah dan istimror di jalan dakwah ini :

1. Ketahuilah, kaum muslim tidak pernah mundur dari posisinya sebagai pemimpin dunia selama berpegang teguh kepada agamanya.

2. Patut diperhatikan dengan seksama bahwa usaha mengemban qiyadah fikriyah Islam adalah dalam rangka membangkitkan kaum muslim.

3. Dalam mengembangkan dakwah Islam hendaknya kita berpegang kepada satu prinsip, yaitu menyebarluaskannya sebagai qiyadah fikriyah bagi seluruh dunia.

#TipsMilihJurusan by @MotivaTweet

Assalamu'alaikum, bloggers! Berhubung setahun lagi saya akan tamat SMA dan kemudian akan kuliah, jadi saya lagi keseringan nyari tips buat milih jurusan^^ Btw, ini tips dari salah satu akun twitter favorit saya, si Motty. Langsung baca aja ya~

Spesial buat Sobat-Motty yg akan KULIAH bbrp bulan/tahun lagi.. Ini dia: | eRTe infoin ke temen2nya yuk ˆ⌣ˆ

1) Langkah PERTAMA ~> Cek kita, jangka panjangnya kita mau jadi apa

2) beruntung sekali bagi anak SMA yang udah JELAS & DETIL cita2 ke depannya. Jadi lebih mudah pilih jurusan

3) Buat yg belum JELAS, banyak2 bertanya, riset via google, dll. PERJELAS CITA2nya. PENTING!

Masihkah Kau Salahkan Dakwah? --Sebuah Tamparan Keras