Postingan

Menampilkan postingan dari Juli, 2013

Jika Aku Jatuh Cinta

Ya Allah, jika aku jatuh cinta,
cintakanlah aku pada seseorang yang melabuhkan cintanya pada-Mu,
agar bertambah kekuatan ku untuk mencintai-Mu.

Ya Muhaimin, jika aku jatuh cinta,
jagalah cintaku padanya agar tidak melebihi cintaku pada-Mu

Ya Allah, jika aku jatuh hati,
izinkanlah aku menyentuh hati seseorang yang hatinya tertaut pada-Mu,
agar tidak terjatuh aku dalam jurang cinta semu.

Ya Rabbana, jika aku jatuh hati,
jagalah hatiku padanya agar tidak berpaling pada hati-Mu.

Ya Rabbul Izzati, jika aku rindu,
rindukanlah aku pada seseorang yang merindui syahid di jalan-Mu.

Menyoal Do’a Berbuka Puasa Yang Berasal Dari Hadist Dhaif Yakni Hadist Mursal

Gambar
Oleh : Adi Victoria
Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat kiriman BC (broadcast) seputar hadist do’a berbuka puasa yang disebutkan sebagai hadist dhaif karena mursal. Sehingga tidak layak untuk diamalkan.
Dan pada kesempatkan itu pula saya langsung balas untuk menanggapinya, berikut saya jadikan sebagai sebuah catatan semoga bisa menjawab kegundahan kita perihal berdo’a dengan hadist tersebut. Catatan ini sudah saya sempurnakan dari balasan yang saya kirim ulang ke pengirim awal.
Bismillah.
Di broadcast tersebut tertulis :
“Allahuma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika aftartu birahmatika ya arhama rohimin.” Artinya : Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki-Mu aku berbuka, Maha besar Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang.
Hadist diatas diriwayatkan oleh Abu daud dalam sunannya no. 2358, dari Mu’adz bin Zuhroh. Muadz adalah seorang tabi’in. sehingga hadist ini MURSAL (di atas tabi’in terputus). HADIST MURSAL merupakan hadist dhaif karenan sebab sanadnya…

Another Tweet About Beginning of Ramadhan

“Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri (pemimpin) di antara kamu. kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya).” (QS. An-Nisaa': 59)

ULIL AMRI. PEMIMPIN.
ULIL AMRI. PEMIMPIN.
ULIL AMRI. PEMIMPIN.
ULIL AMRI. PEMIMPIN.
ULIL AMRI. PEMIMPIN.

Pemimpin mana yang dimaksud? Ya tentu saja pemimpin negara Islam, yang tak mendustakan hukum Allah, menjalankan kepemimpinannya dengan bersandarkan pada Al-Qur'an & As-Sunnah.

Kalau pemimpin yang mendustakan hukum Allah? Yang menjalankan sistem kufur? Pantaskah kita taati? How disgusting.

Kalau kata Ust. Fatih Mujahid :

Lucu pemerintah Indonesia, kalau soal gini mau disebutnya Ulil Amri | disuruh nerapin syariah dan khilafah ogah | uhhh, nyadar apee ‎#kagak ada pantesnya di sebut Ulil Amri orang-orang dustakan ayat-ayat Allah | ‎#sadarkah

Saya hanya patuh pada Ulil Amri yang patuh dan taat pada Allah | bukan yg …

WASPADA TERHADAP HADITS-HADITS YG LEMAH (DHA'IF) SEPUTAR RAMADHAN

Waspada Terhadap Hadits-Hadits Dha’if (Lemah) Seputar Ramadhan
Pendahuluan Segala puji hanya bagi Allah Ta`ala yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai musim berlomba-lomba dalam kebaikan dan amal shalih serta musim dilipatgandakannya pahala kebaikan. Kami bersaksi bahwa tiada sesembahan yang hak melainkan Allah Ta`ala dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Semoga shalawat dan salam dilimpahkan kepada beliau, keluarga dan segenap sahabatnya. Mengingat pentingnya menyambut bulan Ramadhan dengan perbekalan ilmu yang cukup, terutama yang berkaitan dengan hukum, keutamaan, kekhususan, adab, manfa`at seputar masalah Ramadhan, maka sengaja dalam rubik ini kami angkat secara khusus tentang “Hadits-Hadits Dha’if (Lemah) Seputar Ramadhan” yang telah tersebar dan menjadi rujukan mayoritas kaum Muslimin, sehingga terkesan hadits-hadits tersebut bersumber dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam langsung. Tentu hal ini perlu mendapat perhatian……semangat dan…

IPA, IPS, Bahasa, ITB, UI, UGM. Makan Tuh Gengsi! (Tips Memilih Jurusan dan Fakultas Studi / Sekolah / Kuliah / Universitas)

Gambar
Oleh : Wahidyan Kresna Fridayoka

X: Lo mau ngambil jurusan apa? IPA ato IPS?
Y: IPA lah! Hare genee masuk IPS? Mau taroh di mana muka gue?
X: Ah elo mah enak pinter, gua keknya ngambil IPS nih, gak masuk nile gue. Kalo lo Z? Lo mau ngambil jurusan apa?
Z: Gue sih pengennya ngambil jurusan bahasa, gua enjoy banget baca yang namanya karya sastra. Tapi gua takut gak dapet kerjaan sih sebenernya. Mau jadi apa gua ngambil jurusan bahasa.Hampir dua tahun kemudian. X: Lo jadinya kuliah mau ngambil di mana?
Y: Gua pengen masuk ke Teknik Kimia ITB ah. Keren keknya, lagian kuliah di ITB khan prestis gitu. Kalo lo mau masuk mana?
X: Gua mau masuk Akuntansi UI aja ah, prospek karirnya bagus katanya, bisa cepet jadi orang tajir gue. hehe.
Y: ho.. beda kota donk yah kita berarti? Kalo lo Z? Lo mau masuk ke mana?
Z: Gak tau deh, gua masih bingung. Gak tau gua mau masuk mana.

Mari Mengetahui dan Mengenal Passion Kita

Gambar
Oleh: Wahidyan Kresna Fridayoka

PRELUDE… Halo-halo.. Jumpa lagi bersama saya di
acara ciiiii luukkk baaaaa.. mmmuuuuaaaahhhh…blog ini… Jadi.. Ceritanya saya agak terkaget-kaget karena tulisan saya yang ada di sini lumayan banyak yang baca. Karena jujur yah, waktu itu gak ada kepikiran orang lain bakalan baca, soalnya siapa sih yang bakal mampir ke sebuah blog yang ada di pelosok internet. Tapi ternyata lumayan banyak yah.. hehe.. Sehubungan dengan itu, saya ucapkan banyak terima kasih untuk kunjungan dan pujiannya, senang rasanya saya bisa sedikit membantu.. Eniho.. Ada satu pertanyaan menggelitik yang sering banget ditanyakan di tulisan saya tersebut: Saya tidak tahu apa passion/minat saya. Bagaimana yah caranya buat nemuin passion saya? Sebenernya dengan adanya pertanyaan ini, ada satu kesimpulan miris yang bisa saya ambil dari sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Maaf kalau terdengar tidak enak, tapi: Sistem pendidikan di Indonesia boleh jadi mengajarkan banyak pelaja…