Mari Mengetahui dan Mengenal Passion Kita


Oleh: Wahidyan Kresna Fridayoka

PRELUDE…
Halo-halo.. Jumpa lagi bersama saya di
acara ciiiii luukkk baaaaa.. mmmuuuuaaaahhhh…blog ini… :D
Jadi.. Ceritanya saya agak terkaget-kaget karena tulisan saya yang ada di sini lumayan banyak yang baca. Karena jujur yah, waktu itu gak ada kepikiran orang lain bakalan baca, soalnya siapa sih yang bakal mampir ke sebuah blog yang ada di pelosok internet. Tapi ternyata lumayan banyak yah.. hehe.. Sehubungan dengan itu, saya ucapkan banyak terima kasih untuk kunjungan dan pujiannya, senang rasanya saya bisa sedikit membantu.. :D
Eniho.. Ada satu pertanyaan menggelitik yang sering banget ditanyakan di tulisan saya tersebut:
Saya tidak tahu apa passion/minat saya. Bagaimana yah caranya buat nemuin passion saya?
Sebenernya dengan adanya pertanyaan ini, ada satu kesimpulan miris yang bisa saya ambil dari sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Maaf kalau terdengar tidak enak, tapi:
Sistem pendidikan di Indonesia boleh jadi mengajarkan banyak pelajaran tingkat tinggi. Akan tetapi adalah sebuah hal yang menyedihkan bahwa sistem pendidikan yang ada di Indonesia TIDAK MENGAJARKAN SISWA/I NYA UNTUK BERMIMPI!!!!
Well, sebelum terlalu melebar ke mana-mana, mari kita sudahi caci mencaci masalah pendidikan Indonesia di sini, dan masuk ke hal yang mendasari saya untuk menulis tulisan ini:
Bagaimana caranya untuk mengetahui passion kita yang sebenarnya.
Dan melalui tulisan ini, saya ingin berbagi tips mengenai hal tersebut berdasarkan pengalaman saya terdahulu. Semoga bermanfaat. :D 

KEMBALI KE HAL DASAR, MENDEFINISIKAN PASSION
Pertama-tama, mari kita mulai dengan definisi dari sebuah passion. Menurut saya, sebuah passion adalah:
Sesuatu yang jika kita kerjakan, maka waktu akan terasa berlalu dengan cepat. Badan dan pikiran kita pun akan rileks dan enjoy mengerjakannya, entah itu 5 menit, sejam, 5 jam, ataupun seharian, tidak akan ada bedanya. Dan percaya atau tidak, pada kenyataannya, terkadang kita sama sekali tidak merasa perlu untuk beristirahat, bahkan ketika mengerjakan sesuatu yang pada umumnya dianggap oleh kebanyakan orang sebagai sesuatu yang teramat melelahkan.
Selanjutnya, definisi dasar ini lah yang akan kita gunakan untuk mengecek apakah suatu hal merupakan passion kita atau bukan. :D 


INI ADALAH SEBUAH PERJALANAN, DI MANA MAUDY AYUNDA KEJUJURAN ADALAH HAL PALING UTAMA
Sebelum perjalanan kita dimulai, ada sebuah hal yang menurut saya harus kita semua ketahui:
Mencari passion adalah sebuah perjalanan yang mungkin akan terasa panjang dan melelahkan.
Dan menurut saya pribadi, bukanlah suatu hal yang berlebihan jika saya mengatakan bahwa perjalanan ini adalah salah satu perjalanan terbesar yang akan kita jalani di dalam hidup kita! Tidak ada seorang pun yang tahu pasti kapan perjalanan ini akan berakhir, karena semuanya tergantung ke dalam peruntungan kita sendiri. Ada orang yang hanya membutuhkan waktu beberapa hari untuk menempuh perjalanan ini, tapi tidak sedikit pula orang yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai ujung dari perjalanan ini. Tapi ada 1 hal yang pasti dari perjalanan ini: semakin cepat kita memulai perjalanan ini, maka akan semakin cepat pula kita menemukan passion kita.
Di dalam perjalanan ini, hanya ada 1 hal yang paling bisa kita andalkan untuk bisa melewati terjalnya jalan ini: Kejujuran! Belajarlah untuk berkomunikasi secara jujur dengan hati kamu. Ini adalah perjalanan milik kamu dan hati kamu! Mulut kamu bisa berkata bohong, tapi tidak dengan hati kamu. Dengarkanlah apa yang sebenarnya hati kamu katakan. Jangan pernah kamu berpura-pura tidak mendengar apa yang hati kamu katakan. Jujurlah kepada hati kita.
Saya tidak bisa memberikan jaminan bahwa perjalanan ini akan menyenangkan, dan bertabur bunga. Akan tetapi saya bisa memberikan jaminan kepada kamu, bahwa:
Kamu akan melihat dunia secara berbeda, lebih terang, dan lebih mengasyikkan jika kamu berhasil menaklukkan perjalanan ini!

EKSPLORASI, EKSPLORASI, DAN EKSPLORASI…
Sekarang pertanyaannya adalah, metoda apa yang bisa saya gunakan untuk mendapatkan gambaran tentang passion saya? Jawabannya simpel:
Eksplorasi!!!
Mari buka pikiran kita lebar-lebar! Siapkan fisik, dan mental kita, dan mari kita kerjakan hal-hal yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya. Terserah apa yang ingin kamu lakukan di sini, di sini kamu bisa melakukan hal apapun yang menurut kamu gila!!! Mau adu panco sama sumo, atau manjat monas, terserah!!! Cuma ada 2 hal yang membatasi eksplorasi ini:
  1. Jangan sampai kamu melakukan hal yang melanggar peraturan dan membahayakan atau merugikan diri sendiri/orang lain!!!
  2. Jika kamu ingin melakukan suatu hal, lihat kembali peraturan no 1.
Di akhir setiap eksplorasi, silakan kamu tanyakan kepada diri kamu sendiri,
Apakah saya senang mengerjakan hal ini?
Apakah ini yang saya cari?
Apa yang saya cari dari mengerjakan hal ini?
Maukah hal ini saya kerjakan setiap hari, sepanjang hidup saya?
Jika hal ini tidak menghasilkan uang dan keuntungan, masihkah saya mau mengerjakannya?
Jika sesuatu adalah passion kita, maka kita akan mendapatkan jawaban yang positif atas semua pertanyaan di atas. Jika belum mendapatkan jawaban positif? Tetaplah bersemangat untuk meneruskan proses eksplorasi kamu, sampai kamu mendapatkan sebuah kegiatan yang memberikan semua jawaban positif atas pertanyaan-pertanyaan di atas. :D 


SEMUA TAK SAMA.. TAK PERNAH SAMA.. *NYANYI LAGU PADI*
Salah satu hal menarik yang ditanyakan para pembaca tulisan saya sebelumnya adalah:
Saya merasa bahwa semua hal sama saja bagi saya, tidak ada suatu hal yang benar-benar saya benci atau saya sukai. Tidak ada suatu hal yang terasa mengasyikan sampai saya benar-benar merasa lupa waktu. Semua terasa datar. Bagaimana saya bisa menemukan passion saya?
Well, seperti yang sebelumnya saya katakan tentang passion, passion akan membuat kita lupa waktu, dan membuat kita selalu merasa excited untuk mengerjakan hal tersebut. Seperti lirik yang ada di lagu Padi (nama salah satu band yang terkenal di tahun 90an): “semua tak sama, tak pernah sama.
Apa yang ku sentuh.. Apa salah sentuh.. *eh*“. Begitu juga dengan passion, ketika kita mengerjakan sesuatu yang menjadi passion kita, maka hal tersebut tidak akan terasa sama dengan hal lainnya!!! Semua akan terasa berbeda!!! Dan jika kamu merasakan perasaan yang sama seperti di atas, besar kemungkinan kalau kamu belum menemukan apa yang menjadi passion kamu (sayang sekali).
Tapi jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari kondisi ini:
Eksplorasi, Eksplorasi, dan Eksplorasi!!! :D

SEMUA HAL YANG BAIK MEMBUTUHKAN CINTA WAKTU..
Seperti yang saya katakan sebelumnya, bisa jadi ini merupakan perjalanan menemukan passion ini merupakan sebuah perjalanan yang panjang dan penuh dengan air mata. Saya sendiri termasuk orang yang cenderung lambat untuk menemukan apa hal yang menjadi passion saya. Saya membutuhkan waktu lebih dari 4 tahun untuk menemukan passion saya!!! Iyah, 4 tahun saudara-saudara!!! Sudah tak terhitung berapa kali saya terbangun di tengah malam hanya untuk terbangun dari tidur dan menangis.
Jadi, jangan berkecil hati jika kamu belum menemukan apa yang menjadi passion kamu setelah bertahun-tahun melakukan eksplorasi (walaupun demikian, saya tetap mendoakan agar kamu semua cepat menemukan apa yang menjadi passion kamu.. :D ).. Tetaplah berusaha dan pantang menyerah.. Dan tetaplah jujur pada diri sendiri.. Ingatlah sebuah pepatah dari negeri seberang:
Segala sesuatu yang baik membutuhkan waktu untuk tumbuh, dan menjadi kuat. :D

KE MANA MENCARI CINTA SETELAH INI?
Singkat kata, kita telah berhasil menyelesaikan perjalanan kita untuk menemukan apa yang menjadi passion kita. Apa yang selanjutnya harus kita lakukan? Simpel:
Kita kejar passion kita mati-matian!!!
Passion sudah kita tahu, apalagi donk yang kita tunggu? Percuma donk mati-matian mencari tahu apa yang menjadi passion kita, kalau akhirnya cuman akan menjadi bahan cerita atau bualan belaka.
Kejar kejar dan kejar terus passion kita!!!
Perjalanan mengejar passion ini bisa dipastikan akan panjang dan dipenuhi oleh kerikil tajam, yang terkadang akan membuat kita berhenti dan berpikir ulang untuk mengejarnya. Tapi tetaplah ingat, bahwa di ujung jalan sana, ada indah yang menunggu kita. Tetaplah berjalan tanpa mengenal lelah, dan yakin lah, bahwa:
Selama kita terus berusaha, akan ada banyak keajaiban yang terjadi di sepanjang jalan berliku dan curam ini.
Saya sendiri telah membuktikan akan keberadaan keajaiban ini. Kapan giliran kamu? :)

Source: 
http://wahidyankf.wordpress.com/2013/01/26/mari-mengetahui-dan-mengenal-passion-kita/

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bersyukur masih bisa bersyukur.

Space

Forget? No. JUST FORGIVE!