Untuk Si (Calon) Ghuroba

Untuk seseorang yang sedang mengejar gelar Al Ghuroba'.

Luruskan niatmu, tak ada apa-apanya segala letihmu jika tidak kau persembahkan hanya untuk Rabb-mu. Lillah, billah, fillah!

Kuatkan tekadmu, ketahuilah bahwa jalan yang engkau tempuh adalah jalan warisan Rasulullah saw. dan para sahabatnya yang memiliki jiwa kesatria. Tak ada waktu untuk bermanja apalagi menangis!

Kokohkan langkahmu, sebab di sepanjang jalan ini akan banyak aral melintang yang sewaktu-waktu bisa menyandung kakimu, dan menjatuhkanmu dalam kegelapan yang mengerikan!

Lapangkan hatimu, sebab akan banyak ujian dan cobaan bagi mereka yang mencoba berbaris dalam perjuangan ini. Bersiaplah menghadapi segala caci maki dan cibiran dari orang-orang yang tidak memahami, rangkul mereka dengan dakwahmu!

Bersandarlah hanya kepada Allah, akan kau dapati bahwa hanya Allah yang dapat menghiburmu, dalam segala kesedihan dan kepenatan yang kau hadapi di sepanjang perjuangan ini!

"'Islam muncul pertama kali dalam keadaan terasing dan akan kembali terasing sebagaimana mulainya, maka berbahagialah orang-orang yang terasing tersebut.' Para sahabat berkata, 'Wahai Rasulullah, siapa al ghuroba ini?' Rasulullah saw. bersabda, 'Mereka adalah orang-orang yang melakukan perbaikan ketika manusia sudah rusak." (Hadits ini diriwayatkan oleh ath-Thabrani dalam al-Kabir).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Forget? No. JUST FORGIVE!

Bersyukur masih bisa bersyukur.

Space